Home » » Gubernur Lesbian Pertama Ontario Berharap Jadi Panutan Bagi Lainnya

Gubernur Lesbian Pertama Ontario Berharap Jadi Panutan Bagi Lainnya


 
Reuters/Mark Blinch
Gubernur baru Ontario, Kanada yang merupakan seorang lesbian, mengatakan betapa mengagumkannya bila kemenangan dia dapat membantu masyarakat untuk lebih menerima pasangan muda sesama jenis.

Gubernur Kathleen Wynne (59) yang berasal dari Partai Liberal, pada Sabtu menjadi kepala pemerintahan provinsi terpadat di Kanada, yang sedang dilanda defisit besar dan pertumbuhan yang lemah.

Pada Minggu (27/1) Wynne mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa prioritasnya saat ini adalah menyembuhkan luka di legislatif tingkat provinsi sehingga partai-partai dalam lembaga itu bisa bekerja sama mengatasi anggaran dan memperbaiki sistem pendidikan provinsi tersebut.  

“Dendam dan kejahatan yang ada di legislatif tidak boleh dilanjutkan,” katanya. “Kita harus betul-betul terus mengatasi perbedaan pendapat kita.”

Menanggapi pertanyaan mengenai makna menjadi gubernur lesbian pertama yang mengaku terang-terangan di Ontario, Wynne mengatakan meskipun dia bukanlah seorang aktivis, dia berharap bisa menjadi seorang panutan bagi masyarakat gay yang bimbang akan posisi mereka di masyarakat.

“Jika saya bisa membantu menghilangkan ketakutan masyarakat, maka itu mengagumkan, hal yang mengagumkan,” tuturnya.

Dalam pidato kemenangannya di konvensi kepemimpinan akhir pekan, Wynne, seorang mantan kepala dinas pendidikan provinsi, menyampaikan terima kasih kepada mitranya, Jane, atas dukungannya dalam kampanye selama tiga bulan. Ontario merupakan salah satu provinsi di Kanada yang mengizinkan pernikahan sesama jenis.

Kemenangan Wynne menjadikan empat provinsi besar di Kanada dipimpin oleh wanita. Provinsi lainnya seperti British Columbia, Alberta dan Quebec sudah memiliki gubernur wanita lebih dahulu. Wanita juga memegang kepemimpinan di provinsi Newfoundland dan Labrador yang berada di Atlantik serta Nunavut di wilayah Kutub Utara yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit.

Wynne menggantikan Dalton McGuinty, yang mengundurkan diri Oktober lalu sehubungan kontroversi terkait pembatalan yang merugikan atas dua pembangkit tenaga gas alam serta bertarung dengan para guru terkait upaya penghematan biaya pemerintah yang meliputi pembekuan gaji.

Partai Liberal sayap kiri-tengah menjabat selama sembilan tahun di Ontario, tempat sebagian besar bank-bank Kanada dan sektor manufakturnya. Namun partai itu kehilangan kursi legislatif dalam pemilu provinsi 2011 dan membutuhkan dukungan sedikitnya dari satu partai lainnya untuk tetap berkuasa.


Oleh Reuters

0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.