Home » » Profil Carl Menger

Profil Carl Menger

Nama Lengkap : Carl Menger
Alias : No Alias
Kategori : EKONOM
Agama : Katolik
Tempat Lahir : Vienna, Austria
Tanggal Lahir : Sabtu, 28 Maret 1840
Zodiac : Pisces
Warga Negara : Austria

Ayah : Anton
Ibu : Caroline
BIOGRAFI
Carl Menger lahir di Nowy Sacz, Austrian Galicia (sekarang Polandia) pada tanggal 28 February 1840. Menger lahir dari keluarga yang kaya raya dan dihormati di sana, dia memiliki dua saudara yang bernama Anton dan Max, keduanya bekerja sebagai pengacara. Sebelum bersekolah di University of Prague and Vienna, Menger sempat mengikuti pelatihan angkat beban. Pada tahun 1860 Menger meninggalkan sekolahnya dan menjadi seorang jurnalis yang khusus meliput tentang pasar dagang di Lemberger Zeitung, Ukraina dan lalu pindah ke Wiener Zeitung di Vienna.
Tahun 1867 Menger mulai mempelajari bidang ekonomi politik yang sedang popular di tahun 1871, dia juga sempat mengeluarkan buku yang berjudul Principles of Economics yang membuatnya dikenal sebagai bapak ilmu ekonomi di sekolah-sekolah ekonomi di Austria. Pada tahun 1872 Menger terdaftar sebagai dalah satu pengajar di fakultas hukum di University of Vienna dan menghabiskan beberapa tahun mengajar tentang keuangan dan ekonomi politik. Pada usianya yang ke 33 tepatnya pada tahun 1873, dia menerima penghargaan sebagai kepala bidang ekonomi di universitas tersebut.
Menger juga sempat menjadi guru privat dari pangeran Austria, Rudolf von Habsburg dalam bidang ekonomi politik dan statistik. Selama kurang lebih tiga tahun Menger mengabdi kepada pangeran dan selalu ikut dalam semua perjalanan pangeran mengelilingi Eropa. Pada akhir 1880 Menger ditunjuk sebagai kepala bidang yang bertugas untuk mengembalikan perekonomian Austria yang sempat jatuh. Dia juga sempat mendapatkan beasiswa ke Jerman, namun karena keragu-raguannya akhirnya dia menanggalkan jabatan profesornya pada tahun 1903 untuk terus berkonsentrasi dan terus menimba ilmu. Selain terkenal sebagai seorang pengajar, Carl Menger juga dikenal luas sebagai pendiri dari Austrian School of Economics, dia juga memberikan kontribusinya terhadap teori utilitas marjinal yang menjadi dasar dari teori nilai produksi. Pemikiran-pemikirannya kemudian diteruskan oleh ekonom-ekonom klasik macam Adam Smith dan David Ricardo.

Riset dan Analisis: Galih Setyo Pribadi
PENDIDIKAN
  • Universities of Prague and Vienna
  • Jagiellonian University
KARIR
  • Pendiri Austrian School of Economics
  • Pengajar / dosen
SOCIAL MEDIA
No Sosmed



0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.