Home » » Profil Benjamin Franklin Butler

Profil Benjamin Franklin Butler

Nama Lengkap : Benjamin Franklin Butler
Alias : No Alias
Kategori : POLITIKUS
Tempat Lahir : Deerfield, New Hampshire
Tanggal Lahir : Sabtu, 5 Desember 1818
Zodiac : Scorpion
Warga Negara : Amerika Serikat

Istri : Sarah Hidreth
BIOGRAFI
Benjamin Franklin Butler merupakan seorang politisi asal Amerika yang juga pernah berprofesi sebagai kuasa hukum, terutama mengurusi masalah kriminal. Butler yang lahir di Deerfield, New Hampshire pada 5 November 1818 ini sempat bergabung dalam militer ketika terjadi perang sipil. Ia berlaku sebagai jenderal perang Amerika, memimpin beberapa pasukan di medan perang.
Butler bersekolah di Waterville College, yang sekarang berganti nama menjadi Colby College pada 1838. Setelahnya Butler sempat belajar di beberapa institusi untuk mendapatkan gelar akademiknya. Lulus dari bangku kuliah, Butler berprofesi menjadi seorang pengacara yang menangani kasus-kasus kriminal di Lowell,  Massachusetts. Dalam awal karir politiknya, Butler bergabung dengan partai Demokrat. Kemudian ia menjadi salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Massachusetts pada tahun 1853, anggota senat pada 1859, dan sebagai duta rapat konvensi partai Demokrat dari 1848 hingga 1860 di Charleston.
Setelah kerusuhan yang terjadi di Baltimore pada perang sipil, Butler yang bertindak sebagai brigadir jenderal diutus oleh Gubernur John A. Andrew beserta sekelompok tentara Massachusetts untuk menjalin kembali komunikasi antara Union states dan Federal capital yang saat itu sedang berselisih. Dengan kemampuan diplomasi yang baik dan hati-hati, ia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Percobaan rekonsiliasi tersebut berhasil terlaksana tanpa adanya baku tembak antar kedua kubu. Sesaat setelah peristiwa tersebut, ia naik pangkat menjadi mayor jenderal.
Waktu berselang dengan raihan bagusnya di militer dan karir pengacaranya, ia kemudian menjadi seorang anggota partai Republik. Ia ditunjuk untuk mewakili partai Republik dalam kongres yang berlangsung pada 1867 hingga 1879, kecuali 1875-1877. Di kongres tersebut ia dikenal sebagai politisi partai Republik yang radikal dalam lembaga legislatif. Pada tahun 1871, Butler mencalonkan diri sebagai Gubernur Massachusetts, namun sayangnya ia dikalahkan oleh lawannya.
Butler meninggal dunia ketika menghadiri persidangan di Washington, D.C. Ia dimakamkan di pemakaman keluarga sang istri di daerah Lowell, Massachusetts pada 11 Januari 1893.
Riset dan analisis: Muhammad Nizar Zulmi
PENDIDIKAN
Colby College, 1838
KARIR
  • Pengacara
  • Politisi partai Demokrat dan partai Republik
SOCIAL MEDIA
No Sosmed



0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.