Home » , » Intip Jokowi Desain Kampung Yok

Intip Jokowi Desain Kampung Yok

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan desain 100 kampung yang bakal dibangun dalam tempo setahun pada tahun 2013. Penataan kampung itu diperkirakan memakan dana Rp 30 miliar hingga Rp 50 miliar.

Jokowi memamerkan desain-desain aneka kampung yang telah rampung dibuat. Desain kampung itu telah dibundel dan dijilid. Tiap kampung memiliki nama yang disesuaikan dengan kekuatan lokal, seperti kampung herbal, kampung ikan dan kampung protein.

"Nggak boleh ada yang buka, ini masih rahasia. Saya tunjukkan yang namanya pembangunan kota yang dimulai dari penataan kampung. Setiap kampung punya tema sendiri-sendiri karena di situ ada kekuatan lokalnya," kata Jokowi di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2012).

Jokowi menargetkan akan membangun 100 kampung mulai tahun depan. "Targetnya kemarin kan 100 tapi nanti dari Dewan nggak tahu. Yang setujui 50 ya jalani 50. Masa saya tunjukin semuanya. Ini dalam setahun. Kerja itu cepat-cepat karena ada 360-an kampung yang perlu kita upgrade. Jadi kalau setahun dapat 100 berarti 5 tahun sudah rampung. Tapi kembali lagi ke Dewan. Anggarannya kurang lebih antara Rp 30 miliar-Rp 50 miliar," papar Jokowi.

Menurut Jokowi, konsep itu sudah diserahkan ke DPRD DKI Jakarta dan mendapat respons positif.

Ia menambahkan aneka kampung itu didesain oleh banyak arsitek mulai dari swasta, kampus, dan perguruan tinggi.

Bapak juga desain kampung? "Kalau saya kan desainer mebel. Nanti pakai sistem partisipasi masyarakat. Kita bentuk pokja di kampung atas gambar, ide, dan desain yang ada biar sesuai dengan perencanaan, dengan desain ada," ujar pria yang dahulu berprofesi sebagai pengusaha mebel di Solo ini.



Sumber : Detikcom

0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.