Home » » Profil Antoine Laurent Lavoisier

Profil Antoine Laurent Lavoisier

Nama Lengkap : Antoine Laurent Lavoisier
Alias : No Alias
Kategori : PAKAR / AHLI TEKNOLOGI
Tempat Lahir : Paris
Tanggal Lahir : Kamis, 26 September 1743
Zodiac : Virgo
Warga Negara : Perancis

Istri : Jawues Paulze
BIOGRAFI
Antoine Laurent Lavoisier adalah seorang ahli kimia, ekonom dan pelayan masyarakat yang terkenal karena penemuan peran oksigen dalam pembakaran. Ia juga adalah orang yang bertanggungjawab untuk pemberian nama kepada oksigen. Ayahnya adalah seorang pengacara sukses di Paris. Ia lahir di tahun 1743 di Paris. Ia belajar berbagaimacam pelajaran di sekolah tinggi Des Quarte Bangsa.
Tahun 1764 ia memperoleh izin praktek hukum karena pihak keluarga ingin ia mengikuti jejak ayahnya. Namun ternyata ia lebih memilih dunia ilmu pengetahuan khususnya geologi. Ia belajar geologi atas didikan Jean Etienne Guettard dari tahun 1763 hingga 1767. Ditengah-tengah belajar dan memahami ilmu geologi, ia menulis sebuah makalah tentang bagaimana meningkatkan penerangan jalan di Paris yang kemudian makalah ini dipublikasikan.  Setelah itu, di tahun 1768 ia terpilih ke Royal Academy of Science dan begabung dengan Farmer's General yaitu sebuah perusahaan swasta yang mengumpulkan pajak dan tarif untuk pemerintah.
Ia menikah dengan Jawues Paulze, anak dari pemimpin perusahaan Farmer's General pada tahun 1771. Diangkat kedalam National Gunpowder Commission tahun 1775 dan pindah ke Arsenal. Di sana ia menciptakan sebuah labortorium yang luar biasa. Di sana ia melakukan berbagaimacam eksperimen dan menjadi seperti rumahnya sendiri yang kemudian menjadi tempat berkumpulnya para ilmuan dan pemikir bebas.
Selain sebagai ilmuan dunia science, ia juga memiliki berbagai macam ide tentang dunia politik, dan ia termasuk pendukung Politik Liberal. Dengan pemikiran perlunya Revolusi Perancis, ia berperan aktif pada Revolusi Perancis sebagai komite yang prihatin terhadap kondisi perekonomian Perancis.
Tahun 1974 ia difitnah oleh Jean Paul Marat dan wartawan radikal dan pada tanggal 8 mei tahun itu semuanya ditangkap dan dimasukan kedalam penjara dan semua dinyatakan bersalah kemudian dieksekusi tanpa terkecuali Lavoisier.

Riset dan Analisa oleh Yessi Dita Ariyasni

PENDIDIKAN
  • Sekolah Tinggi Des Quarte Bangsa
  • Royal Academy of Science, 1768
  • National Gunpowder Commission, 1775

KARIR
Farmer's General, 1771
PENGHARGAAN
Karya :
  • Penemuan peran oksigen dalam pembakaran
  • Pemberian nama untuk oksigen

SOCIAL MEDIA
No Sosmed



0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.