Home » , » All About Alexa Rank

All About Alexa Rank

Apa sih itu Alexa rank? Penasaran? Langsung aja kita bahas
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site's current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.
Pada kesempatan kali ini Saya  akan membahas sedikit tentang Alexa dan manfaatnya bagi blog kita. Alexa didirikan pada bulan April 1996. Alexa tumbuh dari sebuah visi navigasi Web yang cerdas dan selalu ter update dengan partisipasi dari para penggunanya. Semenjak didirikannya, Alexa telah mengembangkan jutaan toolbar yang merupakan salah satu penjelajah web terbesar dan merupakan infrastruktur untuk memproses dan melayani data dalam jumlah besar selain itu Alexa juga merupakan sebuah web informasi yang memberikan ranking bagi sebuah blog.

Bagi para pemilik website dan blog saya rasa wajib menambahkan situs/blog miliknya ke Alexa dan juga menambahkan widget Alexa Rank ke dalam situs/blog milik mereka untuk mengetahui rank situs/blog kita menurut Alexa Rank. Semakin sedikit traffic rank Alexa maka semakin tinggi rankingnya. Dan semakin sedikit traffic rank nya, kesempatan untuk memanfaatkan blog kita mendapatkan uang semakin besar karena situs-situs review atau pun advertiser melihat traffic rank situs/blog kita di Alexa Rank sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan situs/blog kita.

Sepertinya bukan hanya karena itu saja Alexa menjadi sangat dikenal dan diperhitungkan para web surfer. Tidak hanya diluar negeri seperti Amerika namun di Indonesia juga Alexa menjadi semacam tolak ukur untuk menentukan traffic dari sebuah blog. Lalu apakah yang dimaksud dengan Alexa Ranks?
Alexa Ranks adalah ranking yang diberikan oleh Alexa web dimana ranking tersebut berasal dari total jumlah pengunjung Unique Alexa Toolbar. Jika Anda menggunakan Alexa Toolbar dan terinstall pada komputer Anda, toolbar tersebut akan menunjukkan ranking dari blog Anda maupun blog lain yang Anda kunjungi pada saat Anda sedang browsing ataupun surfing di internet.
Sampai saat ini Google tampaknya masih berpatokan pada Alexa dalam memberikan ranking bagi setiap blog. Lalu apa saja sebenarnya kegunaan dari toolbar Alexa tersebut?
1. Alexa  membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah blog.
2. Berguna bagi blog  yang Anda miliki untuk diterima dalam program make money online.
3. Membantu Anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan Anda juga bisa mengetahui volume traffic dari blog yang Anda miliki.

Yang perlu dipahami tentang Alexa

  1. Rangking berdasarkan pada 3 bulan traffic blog yang didapat
  2. Data utama berasal dari pengguna Alexa Toolbar
  3. Semakin rendah nominal ranking, semakin tinggi peringkatnya
  4. Ranking atau peringkat diupdate setiap hari
  5. Ranking 100.000 dan diatasnya dianggap tidak ada data

Bagi Anda yang menginginkan PR tinggi untuk blognya, Saya kira ada baiknya Anda memperhatikan ranking Alexa milik Anda. Jika perlu install toolbar dari Alexa ini karena bisa didapatkan secara gratis dan sudah compatible dengan Internet Explorer maupun Mozilla Firefox. Setelah itu set pada browser homepage Anda untuk blog yang Anda miliki sehingga Alexa Ranks Anda bisa lebih baik.

Bisa juga dicantumkan Alexa widget yang berisi data traffic maupun ranking pada Alexa sehingga bot Alexa lebih sering berkunjung untuk meng crawl blog yang Anda miliki. Untuk widget Alexanya bisa Anda dapatkan di http://www.alexa.com/siteowners/widgets. Anda tinggal ketik URL dari blog yang Anda miliki, setelah itu klik Build Widget dan pasang kode yang diberikan oleh Alexa ke blog milik Anda.
Kalau begitu apa saja sebenarnya manfaat dari Alexa Rank ini ? Jika blog Anda dimanfaatkan untuk mencari uang di internet maka Alexa Rank sangat penting bagi Anda karena banyak program-program penghasil dolar di internet seperti Sponsoredreviews, Blogsvertise, Buyblogreviews, dll yang mensyaratkan Alexa Rank untuk bisa bergabung. Jadi semakin kecil rangking Alexa blog Anda maka semakin banyak program yang bisa Anda ikuti yang artinya semakin besar pula kesempatan Anda untuk menghasilkan uang di internet. Selain itu, Alexa Rank juga bisa digunakan untuk menentukan populer atau tidaknya sebuah blog. Secara umum blog  yang memiliki Alexa Rank kecil biasanya akan lebih populer dan disukai oleh para advertiser dibandingkan blog yang memiliki Alexa Rank besar.



0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.