Home » » Kampus Terbesar Di asia akan dibangun di kalimantan

Kampus Terbesar Di asia akan dibangun di kalimantan



Maket Institut Teknologi Kalimantan. (skyscrapercity)

"Bila sudah mencapai kapasitas penuh nantinya, kampus yang akan dibangun di Balikpapan Utara ini akan memiliki mahasiswa hingga 26.000 orang. Saat ini mahasiswanya baru 100 orang dan menumpang belajar di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan Suryanto di Balaikota Balikpapan, Selasa (16/10).

Suryanto lebih lanjut memaparkan, status terbesar se-Asia itu pertama mulai dari luas lahan yang disediakan. Tahap pertama pembangunan akan dimulai November 2012.

Sebagai tahap awal akan dibangun gedung 4 lantai yang menempati area seluas 60 hektare. Ini adalah gedung perkantoran lima jurusan awal dan ruang perkuliahan.

Gedung ini diperkirakan rampung tahun 2013 mendatang dan sudah bisa dipakai mulai semester ganjil tahun akademik 2013/2014.

Lima jurusan ITK tersebut adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia.

Tahap pertama selesai, segera diikuti tahap kedua. Tahap kedua ini adalah penyelesaian pembebasan lahan seluas 240 hektare oleh Pemkot Balikpapan dan Pemprov Kaltim.

"Pembebasan lahannya memang sepenuhnya menjadi tanggungjawan Pemprov Kaltim dan Pemkot Balikpapan," kata Suryanto.

Suryanto menambahkan, Pemkot Balikpapan telah mengalokasikan dana sebesar Rp15 miliar dari APBD murni dan APBD Perubahan tahun 2012.

Dana tersebut akan ditambah Rp10 miliar lagi pada APBD 2013. Seluruhnya untuk pembebasan lahan di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara tersebut.



0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.