Home » » Profil Bruce Lee

Profil Bruce Lee

Nama Lengkap : Bruce Jun Fan Lee
Alias : No Alias
Kategori : OLAHRAGAWAN
Tempat Lahir : San Fransisco
Tanggal Lahir : Jumat, 27 Desember 1940
Zodiac : Sagittarius

No Relation
BIOGRAFI
Bruce lee, aktor kelahiran San Francisco, Amerika Serikat, 27 November 1940 ini memiliki nama asli Lee Jun Fan. Orangtuanya adalah pasangan suami-istri Lee Hoi Chuen - Grace Lee (seorang perempuan keturuan Jerman-Asia
Sejak masa kecil Bruce berbadan lemah dan sering sakit, orang tuanya demi mengupayakan pertumbuhannya yang sehat, maka saat usia tujuh tahun dia diikutkan latihan Tai Chi. Tak disangka semenjak saat itu Bruce Lee telah menapaki jalan ilmu bela diri, dan telah berhasil memperoleh sebuah nama besar.
Tahun 1955, Bruce Lee yang berusia 13 tahun mengangkat Ye Wen sebagai guru dan mempelajari ilmu silat Yong Chun. Meskipun Bruce Lee masih bocah, tetapi sepenuh hati dalam berlatih. Ia membuat sebuah orang-orangan dari balok-kayu di dalam rumahnya dan berlatih setiap hari tak kenal lelah menghadapi si balok kayu.
Tatkala itu Bruce Lee yang muda belia dan telah menguasai ilmu sesungguhnya, suka menantang orang lain, juga sering bikin onar, itulah sebabnya orang tuanya mengirimnya ke universitas Washington di Seattle – USA. Ia di universitas studi ilmu filsafat dan psikologi banyak menambah wawasan. Kemudian sejak saat itu tidak lagi terdengar ia berkelahi dengan orang lain.
Tahun 60-an, ia telah menciptakan ilmu bela diri yang gerakannya mengalir lincah yang disebut “Jie Quan Dao (Terkenal dengan Jeet Kune Do) yang di dapat dari penelitiannya berdasarkan ilmu fisika dan teknik serta prinsip olahraga anggar dan tinju ala Barat, prinsip seni bela diri ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki . Pada tahun 1964, Bruce Lee mengikuti “Kompetisi Karate-do Long Beach” yang diadakan di California – USA. Kemudian ia dilirik oleh William Dozier, produser film seri TV (Batman) yang kemudian mengundangnya untuk mengikuti audisi.
Ayah Bruce Lee adalah pemain opera Canton terkenal. Oleh karena itu Bruce Lee semasa bocah sudah sering ikut main opera, hingga dapat mengikuti audisi kali ini dengan sangat lancar. Tahun 1966, Bruce Lee menandatangani kontrak peran dengan perusahaan siaran USA untuk 30 serial TV (Green Hornet). Kemudian dia memutuskan kembali dan berkiprah di Hong Kong, mulai menggarap film silat, tak disangka sekali menggebrak langsung meledak, dan bikin heboh di dalam dan luar negeri.
Bruce Lee total telah berperan di lima film pada 1971 samapi 1978. Di dalam film-film tersebut, tendangan memutar Bruce Lee yang ganas dantendangan melayang dan ketangkasan Nun Chakunya, semuanya itu telah membius penonton.
Mengandalkan penguasaan seni bela diri yang bagus dan kharisma di depan kamera, mendiang Bruce Lee tidak hanya menimbulkan booming film “KungFu” pada awal tahun 70-an, ia juga membuat orang di seluruh dunia menilai film Tiongkok dengan lebih respek, boleh dibilang telah menggemparkan seluruh dunia.
Sebagai aktor, Bruce Lee telah mempelopori orang Tionghoa dalam keberhasilan menembus Hollywood, bersamaan itu pula ia membuat film action menjadi salah satu film andalan dunia perfilman Hong Kong, ini adalah sumbangsih besarnya di dalam bidang kebudayaan film. Namun sebagai pakar ilmu bela diri, film Bruce Lee minim dengan interpretasinya tentang spiritualitas ilmu silat Tiongkok.
Pada tanggal 20 Juli 1973, dunia digegerkan oleh berita kematian Bruce. Tidak sedikit yang urung mempercayai kabar tersebut. banyak pihak yang berspekulasi tentang penyebab kematiannya. Namun mantan produser film Lee, Raymond Chow, memberikan statemen yang tegas bahwa kematian Lee murni karena kecelakaan. Menurut pengetahuan Chow, Lee meninggal dunia secara tiba-tiba pada usia 32 tahun karena dia mengkonsumsi obat sakit kepala yang salah. Kematiannya di rumah aktris Hong Kong, Betty Ting Pei, pada tahun 1973 silam karena edema atau pembengkakan di otaknya
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic
PENDIDIKAN
  • Ilmu Filsafat Universitas Washington di Seattle
KARIR
  • Aktor
  • Olahragawan
SOCIAL MEDIA
No Sosmed



0 komentar:

Post a Comment

www.Wrlov.blogspot.com Merupakan Blog DoFollow

Rules :
1.Komentar Sewajarnya
2.NO SPAM,SARA,FLAMMING,FLOODING
3.Komentar yang Melanggar Akan dihapus oleh Admin
4.Komentar Sesuai dengan Artikel


Terima Kasih Atas Perhatiannya.